Agya dan Ayla dari lahir sudah minum pertamax

Sumber : | Kamis, 27 November 2014 13:21
 Agya dan Ayla (Foto: Arsip Otosia)

Merdeka.comDi tengah polemik perbedaan harga antara BBM bersubsidi yang kini harganya naik dan kelas BBM di atasnya, mobil LCGC Agya dan Ayla disebut sudah tidak ikut dalam persoalan itu.

Pasalnya, Agya-Ayla selaku produk Astra bukanlah “peminum” BBM bersubsidi karena lobang pengisian bahan bakar sudah didesain secara khusus hanya bisa dimasuki oleh corong pertamax.

Hal tersebut ditekankan oleh Presiden Direktur Astra Internasional Prijono Sugiarto ketika ia pernah berbincang dengan Menteri Perindustrian periode sebelumnya, MS Hidayat. Menteri saat itu mengeluhkan “kenakalan” pengguna LCGC yang pada akhirnya menyerap BBM bersubsidi sehingga menekankan perubahan bentuk lobang pengisian bahan bakar di mobil.

“Dia bilang, separuh merek mobil di Indonesia itu adanya di Astra. Itu LCGC katanya pakai lubang tangki bensin (kelas pertamax) pada praktiknya, gimana sih kalian ini. Dalam waktu enam bulan, harus lubangnya itu diubah sehingga tidak bisa mengisi yang namanya bahan bakar bersubsidi. Saya tenang jawabnya. Pak, mobil Astra, Agya dan Ayla, dari lahir itu sudah pakai (kelas pertamax),” ujarnya.

Dia pun menekankan bahwa penggunaan pertamax memiliki banyak manfaat, khususnya untuk pemakaian pada mobil LCGC.

“Makin kita pakai BBM yang itu, maka emisinya makin baik. Yang kedua, tidak memberati pemerintah. Yang ketiga, umur mesin tambah panjang karena mesin-mesin modern itu membutuhkan RON paling tidak di angka 92, bukan seperti premium sekarang.

Post a comment